Tuesday, December 23, 2014

Merawat Anggrek Secara Alami

Pernahkah anda mendengar bahwa anggrek itu susah merawatnya? Atau anda mempunyai anggrek tapi tidak pernah berbunga?
Anggrek seperti tanaman lainnya bukanlah tanaman yang sulit untuk merawatnya dan membungakannya, asal kita tahu apa keinginan anggrek tsb.

Disini saya akan berikan tips pengalaman saya mengenai anggrek. Awalnya saya juga mengalami kegagalan dalam memelihara anggrek tetapi setelah saya pelajari tentang bunga indah ini, saya menemukan kunci untuk membungakannya kembali tentunya secara alami.

1. Kenalilah Habitat Anggrek
Pertama anda melihat anggrek di penjual anggrek pasti mata anda berbinar... dan mengatakan "wow indah sekali bunganya". Tanpa memikir, anda membelinya. Tahap berikutnya anda ingin anggrek anda ditempatkan di ruangan dimana anda, keluarga atau tamu anda melihat keindahan bunga anggrek. Setelah itu tak lama sekitar 2 minggu sampai sebulan, bunganya mulai rontok. Habislah bunga yang indah. Berharap berbunga lagi dengan cepat, anda memberikan segala pupuk. Anda menunggu seminggu, sebulan, 3 bulan, 6 bulan hampir setahun..... oh tidak... kenapa tidak berbunga???? Akhirnya tidak sabar, dan dibuanglah anggrek tsb.

Anggrek terdiri dari berbagai macam jenis. Dan anggrek yang biasa kita jumpai adalah anggrek Dendrobium, Phalanopsis (bulan), Cattleya, Vanda dan Oncidium. Semua jenis anggrek mempunyai karakteristik yang berbeda dan tidak semua anggrek dapat hidup di cuaca yang kita tinggal.

Contohnya anggrek bulan senang di dataran tinggi seperti Bandung, Puncak atau Bogor. Bila di Jakarta akan memerlukan waktu yang lama atau sulit membungakan kembali. Sedangkan Dendrobium di dataran rendah seperti Jakarta.

Jadinya, sebelum anda membeli salah satu jenis anggrek kenali habitat anggrek tsb.

2. Anggrek Senang di Luar Bukan di Dalam Rumah

Menempatkan anggrek yang benar adalah diluar, sesuai habitat mereka adalah di hutan. Anggrek merupakan tanaman udara. Memerlukan sirkulasi yang udara yang baik. Dengan hembusan angin yang baik, perkembangan anggrek baik dan segala penyakit atau pembusukan bisa teratasi. 

3. Tempelkan di Pohon

Anggrek senang ditempelkan di pohon sesuai habitatnya di hutan. Memang kekurangannya tidak bisa ditempatkan di dalam rumah saat berbunga tetapi anggrek akan lebih sehat diluar bukan? Selain itu akar anggrek akan lebih leluasa berkembang di pohon. Anda bisa tempatkan di pot, namun ada masanya dimana anda harus menggantikan media. 

4. Hembusan angin, matahari, kelembapan

Hembusan angin, matahari dan kelembapan merupakan 3 faktor yang tidak bisa terpisahkan. Salah satu tidak ada, maka anggrek tidak berkembang secara maksimal. Walaupun tiap jenis anggrek berbeda karakteristiknya namun 3 faktor selalu berkaitan satu sama lainnya.

Bila anggrek anda sudah ditempatkan diluar dan belum berbunga selama 6 bulan sampai 1 tahun, sebaiknya dipindahkan tempat yang lebih teduh atau di full matahari. Pengalaman saya dengan Oncidium. Saya sudah 3 kali pindahin... dan saat ketiga kalinya Oncidium saya berbunga. Saya tempelkan di pohon, menghadap matahari utara, tidak ada naungan dengan aliran udara yang bagus.

Bagaimana bila anggrek ditempatkan di carport atau teras belakang? Jika atasnya terbuat dari fiber akan sulit, tapi jika atasan terbuat dari pohon rambatan bisa. Perlu perhatikan udara, matahari dan kelembapan. Coba anda berdiri di carport bagaimana rasanya? Panaskah?, bau bensin?, adakah hembusan angin segar? matahari masuk? Kalau jawaban panas, tidak ada hembusan angin, matahari tidak masuk, maka anggrek pun tidak mau ditempatkan seperti itu. Sama halnya teras atau taman belakang... adakah udara? Panaskah kalau duduk santai di belakang? Matahari masukkah? dll. Apalagi rumah anda di perumahan berhempitan kanan kiri rumah dengan tembok yang menghalangi udara. Beruntunglah jika rumah anda di hook karena udara dan matahari masih bisa masuk.


5. Pemupukan

Pemupukan secara alami adalah dari binatang, udara, matahari, air hujan, daun berguguran dan embun pagi, dll

Kita harus berterima kasih dengan binatang seperti lebah, kupu-kupu, semut, kadal berada di anggrek kita. Ya mereka merekalah sebagai perantara untuk membungakan anggrek kita. Mereka membawa serbuk bunga dan mengkawinkannya. Kotoran burung pun juga bagus untuk pemupukan. Air hujan pun lebih baik ketimbanh air ledeng.

Kesimpulan

Tempatkanlah anggrek sesuai habitatnya jika ingin anda pelihara. Untuk menepatkan anggrek yang tepat pelajari karakter anggrek anda. Untuk mengetahui anggrek dapat matahari, angin, kelembapan... berdirilah dan rasakan yang anda ingin tempatkan anggrek tersebut.

Jika anggrek merasa nyaman mereka akan memberikan senyuman kepada kita dengan memperlihatkan bunga yang cantik!


No comments:

Post a Comment